Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.13Keywords:
Guru sebagai fasilitator, Pembelajaran Literasi dan Pendidikan Agama KristenAbstract
Perubahan kurikulum yang terjadi berdampak pada proses belajar mengajar. Guru dituntut harus mampu mengikuti perkembangan kurikulum dan mengaplikasinya dalam proses belajar mengajar. Tuntutan profesionalisme berlaku pada semua guru pendidikan, termasuk guru Pendidikan Agama Kristen. Literasi sangat erat hubungannya dengan Bahasa yaitu kemampuan Bahasa tulis dan lisan. Tujuan penelitian ini adalah medeskripsikan peran guru Pendidikan agama Kristen sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pembelajaran literasi di kelas. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru dalam peran nyata sebagai fasilitator di lingkungan belajar yang berbasis literasi adalah: (1) Mempersiapkan sarana prasarana yang menunjang kegiatan belajar dan mengajar;  (2) Menyediakan alat-alat bantu (audiovisual aid) dan literatur yang relevan; (3) Menciptakan kondisi emosional serta sosial yang bermanfaat dalam proses belajar; serta (4) Merencanakan kegiatan belajar yang lebih efektif. Hasil penelitian ini berupa sebuah pendapat yang diharapkan mampu memberikan solusi bagi permasalahan literasi yang sedang dihadapi. Kesimpulannya peran guru PAK sebagai fasilitator dalam pembelajaran literasi merupakan hal yang sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.References
Direktorat Pembinaan SMA. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017.
Daryanto bagaimana guru profesional itu?. (2013) [Online]. Tersedia: http://www.m-edukasi.web.id/2013/03/bagaimana-guru-profesional-itu.html. Diunduh tanggal 29 0ktober 2017.
Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Malawi,Ibadullah. Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari HS.Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal(Magetan: AE Media Grafika, 2017),
Padmadewi, Ni Nyoman& Ni Putu Artini, Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktek (Bandung: Nilacakra, 2018),
Rakhmaniah,Afiah. Istarti dkk, “Strategi pembelajaran di SD modul 8, 11, 12â€. Universitas terbuka, diakses dari
Sidjabat,B.S. Mengajar Secara Profesional: Bandung: Kalam Hidup. 1993,
Tung,Khoe YaoMenuju Sekolah Kristen Impian Masa Kini (Yogyakarta: Andi Ofset, 2005), 47.
Salinan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Kemdikbud RI. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Tersedia pada ttp://cerdasberkarakter.kemdikbud. go.id. Diakses 20 Februari 2017
Subandiyah, Heny. 2015. Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra jurnal ilmiah Bahasa Sastra dan pembelaarannya, (Online), 2 (1) : (http://ejournal.fbs.unesa.ac.id/index.php/Paramasastra/article/download/27/32), diakses 26 november 2018.
Sri Mulyati, “Pembelajaran Literasi Yang Berkarakter†https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8943/i45.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
https://www.academia.edu/9067675/Perencanaan_Pembelajaran_yang_Efektif?auto=download pada 26 november 2018
Oxford Advanced Learner’s Dictionary Edisi ke-7, 2005:898 ,dalam Usaid Prioritas, 2014.
(https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/)
http://www.academia.edu/35269467/PEMBELAJARAN_LITERASI_DALAM_MATA_PELAJARAN_BAHASA_INDONESIA.
http://adityaleksmana14.blogspot.com/2013/04/penjelasan-metode-penelitian-deskriptif.html
https://idtesis.com/metode-deskriptif/
https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/
https://tirto.id/literasi-indonesia-yang-belum-merdeka-bBJS
https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/
https://www.dkampus.com/2017/05/pengertian-literasi-menurut-para-ahli/
https://www.academia.edu/35269467/PEMBELAJARAN_LITERASI_DALAM_MATA_PELAJARAN_ BAHASA_INDONESIA
https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/
prioroitaspendidikan.org
http://www.academia.edu/35269467/PEMBELAJARAN_LITERASI_DALAM_MATA_PELAJARAN_BAHASA_INDONESIA. Diunduh tanggal 30 0ktober 2018
https://www.telegraph.co.uk/technology/5311151/Robot-teacher-conducts-first-class-in-Tokyo-school.html. Diunduh tanggal 29 0ktober 2018
http://www.medukasi.web.id/2013/03/bagaimana-guru-profesional-itu.html. Diunduh tanggal 29 0ktober 2018.
https://idtesis.com/metode-deskriptif/ diunduh 30 oktober 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).