Mengantisipasi Bahaya Radikalisme melalui Pendidikan Multikultural dalam Keluarga
Abstract
Bahaya radikalisme agama mengancam kehidupan komunitas beragama bahkan berbangsa dan bernegara. Tujuan tulisan ini menawarkan solusi melalui peranan keluarga dalam mendidik anak untuk mampu hidup bersama dalam konteks multikultural. Tujuan ini akan dicapai dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil yang dicapai adalah penerapan pendidikan multikultural oleh orang tua bagi anak dalam keluarga kristen. Pendidikan multikultural berbasis iman Kristen penting sebab keluarga merupakan unit terkecil dalam sebuah bangsa yang memiliki kekuatan besar dalam meminimalisir bahkan mencegah terjadinya teror yang dapat menghancurkan kehidupan beragama dan berbangsa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajub, Melani. “Menanamkan Nilai-Nilai Pluralisme Dalam Diri Anak.†In Tunas Zaitun, 201–212. Jakarta: PT. Adhitya Andrebina Agung, 2018.
Ansari; Raden Muyazin Arifin. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Sebagai Konsep Pembangunan Karakter Dalam Keluarga Di Era Revolusi Industri 4.0.†Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan XVIII, no. 2 (2020): 335–349.
Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung MUlia, 2010.
Botma, Abdullah. “Deradikalisasi Paham Keagamaan Melalui Pendekatan Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga.†Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado 14, no. 2 (2020): 171–185.
Hanita, Margaretha. “Radikalisme Dalam Masayarakat Multikultural: Ancaman Lokal Dan Tantangan Global.†Jurnal Cendekia Waskita 2, no. 1 (2018): 275–296.
Lasut, Shirley, Johny Hardori, Sadrakh Sugiono, Yada Putra Gratia, and Channel Eldad. “Membingkai Kemajemukan Melalui Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 2 (2021): 206–225.
Lubis, Mhd Teguh Syuhada, and Fajaruddin Fajaruddin. “Gerakan Edukasi Hukum Bagi Pemuda Di Kecamatan Percut Sei Tuan Dalam Rangka Pencegahan Paham Radikalisme.†IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (2021): 23–37.
Maryam, Kurniawati. Pendidikan Kristiani Multikultural. Nusaloka, BSD, Tangerang: Bambo Brigde Press, 2014.
Mufid, Ahmad Syafi’i. “Radikalisme Dan Terorisme Agama, Sebab Dan Upaya Pencegahan.†Jurnal Multikultural & Multireligius 12, no. 1 (2013): 7–17.
Pajarianto, Hadi, and Mahmud Natsir. “Model Pendidikan Dalam Keluarga Berbasis Multireligius.†Lentera Pendidikan 22, no. 2 (2019): 254–266.
Puspita, Yenni. “Pentingnya Pendidikan Multikultural.†In Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang 05 Mei 2018, 285–291. Palembang: Universitas PGRI Palembang, 2018.
Sunarto, Andang. “Dampak Media Sosial Terhadap Paham Radikalisme.†Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan 10, no. 2 (2017): 126–132.
Susianti, Oni Marliana. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Mulikultural Di Lingkungan Keluarga Pada Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Rokania 5, no. 3 (2020): 366–376.
———. “Analisis Peran Orangtua Dalam Menanamkan Nilai Multikultural Di Lingkungan Keluarga Pada Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal pendidikan Rokania V, no. 3 (2020): 366–376.
Thompson, Marjorie J. Keluarga Sebagai Pusat Pembentukan. Jakarta: BPK Gunung MUlia, 2000.
Wahy, Hasbi. “Keluarga Sebagai Basis Pendidikan.†Jurnal Ilmiah Didaktika XII, no. 2 (2012): 245–258.
Wowor, Jeniffer Pelupessy. “Partisipasi Pendidikan Kristiani Di Ruang Publik Dalam Menunjang Deradikalisasi.†Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 7, no. 1 (2021): 108–122.
Yangin, Panmilo. Gereja Dan Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Kanisius, 2010.
Zaluchu, Sonny. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.
Zebua, Sukardin, Talizaro Tafonao, Dewi - Lidya S, Ellyzabeth Sinaga, and Ardianto Lahagu. “Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Ujung Tombak Dalam Menekan Terjadinya Intolerasi Di Antara Siswa Di Sekolah.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 2 (2021): 245–261.
Zulkifli; Maftuh, Bunyamin ;, and Malihah Elly. “Pendidikan Multikulturalisme Sebagai Resolusi Konflik: Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan.†PPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) 10, no. 2 (2020): 14–32.
DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v5i2.269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
pISSN: 2621-8151
eISSN: 2621-8135
Copyright © 2018-2024. All Rights Reserved.
Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika
Diterbitkan Oleh: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Alamat: Kalisoro RT 001/RW 004, Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah 57792
Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika Telah Terindeks di: