Strategi PAIKEM Terpadu pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.274Keywords:
strategi PAIKEM, karakter PAIKEM terpadu, pembelajaran PAK, pandemi covid-19Abstract
Menerapkan strategi pembelajaran merupakan peran penting dalam mewujudkan tujuan Pendidikan Agama Kristen di masa pandemi Covid-19. Tujuannya ialah meningkatkan perserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang beragam secara kreatif, efektif dan efesien. Maka strategi yang cocok digunakan selama pandemi Covid-19 adalah strategi PAIKEM terpadu. Penulis akan melakukan analisis dan mendefinisikan strategi PAIKEM terpadu yang dilakukan oleh guru-guru pendidikan agama Kristen di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi PAIKEM terpadu bagi guru kepada siswa pendidikan agama Kristen di era pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PAIKEM efektif digunakan dalam PTK agar seluruh siswa lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan tiga siklus. Karena itu, dalam tataran kebijakan, strategi PAIKEM Terpadu dapat menjadi model pembelajaran wajib dalam meningkatkan ketercapaian KKM siswa.References
Basar, Afip Miftahul. “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (2021): 208–218.
Benyamin, Priskila Issak, Ibnu Salman, and Frans Pantan. “Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 52–59.
Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68.
Busyra, Sarah, and Lutfiah Sani. “Kinerja Mengajar Dengan Sistem Work From Home (WFH) Pada Guru Di SMK Purnawarman Purwakarta.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 1–16.
Djwandono, Sri Esti Wuryani. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2006.
Gitleman, Lisa. “Penerapan Metode PAIKEM Untuk Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Kelas VB SD Inpres Oebufu Kupang.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 1, no. 2 (2014): 15–20.
Haerullah, Ade, and Said Hassan. PTK & Inovasi Guru. Edited by Eko Purnomo and Hernita Pasongli. Cetakan 1. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2021.
Handayani, Lina. “Keuntungan , Kendala Dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif Di SMPN 3 Bae Kudus.” Journal Industrial Engineering & Management Research 1, no. 2 (2020): 16.
Hutauruk, Agusmanto, and Ropinus Sidabutar. “Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif.” SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied 02, no. 01 (2020): 45–51.
Impriyan, Anindia. “Penggunaan Media Power Point Dalam Pelaksanaan Sistem PAIKEM Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas IX Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karangayar Demak.” IAIN Kudus, 2020.
Indrapangastuti, Dewi. “Praktek Dan Problematik Pendidikan Multikultural Di SMK.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2, no. 1 (2014): 13–25.
Komalasari, Cocom. Pembelajaran Kontektual. Bandung: Rafika Aditama, 2014.
Magdalena, Ina, Nevi Septianti, Lisa Barlianty, and Sitti Aisyah Farawansya. “Penerapan Model Pembelajan Paikem Gembrot Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan.” EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains 2 (n.d.): 348–365.
Malik, Abdul. “Penerapan Model PAIKEM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Education and Learning Journal 1, no. 1 (2020): 50.
Matulessy, Yulita, Vivi Guslauw, and Shintya Lumasina. “Metode Pembelajaran Paikem Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Paikem ’ S Learning Methods In Realizing Students ’ Learning Independence During The Covid-19 Pandemic” (2021).
Muijs, Daniel, and David Reynold. Efective Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Oci, Markus. “Pengaruh Pengelolaan Kelas Dalam Pelajaran Agama Kristen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Kanaan Ungaran Tahun Ajaran 2017-2018.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 199–218.
Prawiradilaga, Dewi Salma. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2018.
Siahaan, Matdio. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) 1, no. 1 (2020): 1–6.
Suprijono, Agus. Cooperatif Learning, Teori Dan Aplikasi PAIKEM. 5th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Toisuta, Jakson Sespa. “Peran Dosen Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 1 (2021): 23–42.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Tukiran Taniredja, H. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta, 2012.
Utami, Nila, and Djahir Basir. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Paikem Pada Mata Pelajaran IPS.” URNAL PROFIT 2, no. 1 (2015): 68–76.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).