Kontekstualisasi Pendidikan Agama Kristen Melalui Falsafah Suku Dayak Kanayatn

Gabriel Dhandi, Yusak Tanasyah, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Berbagai macam pengaruh buruk yang masuk untuk mempengaruhi generasi muda suku Dayak Kanayatn itu sudah tidak dapat dihentikan lagi oleh siapapun. Karena setiap orang, baik tua maupun muda itu sudah memakai Handphone dan telah menggunakan semua platform media sosial seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Facebook dan sebagainya. Jika pengaruh buruk telah mempengaruhi generasi muda suku Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat, maka nilai-nilai seperti toleransi, cinta budaya, cinta Tuhan dan sebagainya akan hilang dengan sendirinya. Suku Dayak memiliki budaya dan spiritual yang kuat, sehingga tujuan penelitian ini untuk menggambarkan nilai-nilai Kristiani yang tertuang dalam falsafah Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata. Juga, menawarkan suatu bentuk pendidikan Kristen yang dapat menyentuh dimensi kehidupan sosial masyarakat suku Dayak Kanayatn terutama dimensi kehidupan generasi mudanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan ditulis secara deskriptif untuk mengkaji tentang nilai-nilai dalam falsafah suku Dayak, kemudian disesuaikan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan Kristen. Disinilah penulis mulai mengkonstruksikan dan menyandingkan antara nilai-nilai pendidikan Kristen dengan nilai-nilai yang tertuang dalam falsafah suku Dayak Kanayatn. Ditemukan bahwa falsafah suku Dayak Kanayatn dapat dijadikan sebagai instrument kontekstualisasi pendidikan Kristen di Kalimantan Barat.


Keywords


Christian Education; Contextualization; Dayak Kanayatn

Full Text:

PDF

References


Ali Akhbar Abaib Mas Rabbani Lubis, and Natasha Gloria Runtu. Generasi Muda Dayak Kanayatn. Nur Azizah. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani, 2020.

Anita Setiawati, Rachel, and Ariani Tandi Padang. “Standar Moral Dalam Pendidikan Kristen.†KAIROS: Jurnal Ilmiah I, no. 2 (2021): 125–145.

Badan Pusat Statistik. “Mengulik Data Suku Di Indonesia.†Badan Pusat Statistik. Jakarta, 2022.

Bambang H. Suta Purwana. Identitas Dan Aktualisasi Budaya Dayak Kanayatn Di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat : Kajian Tentang Folklor Sub Suku Dayak Kanayatn. Edited by Semiarto Aji Purwanto. Jakarta: Direktorat Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, 2007.

Bambang Sujiyono. “Penguatan Nilai-Nilai Kristiani Melalui Interaksi Sosial Bagi Peserta Didik.†Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2020): 397–404.

Dhandi, Gabriel, Sutrisno, and Yusak Tanasyah. “PenerapanTeori Donald S. Whitney Dalam PembinaanSpritualitas Remaja KristendiPPA GBT Kristus Ajaib Tulungagung.†Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. April (2023): 97–107.

Dhandi, Gabriel, Yusak Tanasyah, and Sutrisno. “Tantangan Pendidikan Kristen Di Tengah Kehadiran Gereja Dan Solusinya Bagi Sekolah Menengah Atas.†Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (June 2023): 68–82.

Fangalanso, Chandida. “Makna Tarian Jubata Suku Dayak Kanayatn Dalam Perspektif Aspek Dan Nilai Transendental The Meaning The Dance of The Dayak Kanayatn Jubata in The Perspective of Transcendental Aspects and Values.†. Balale’: Jurnal Antropologi 4 (2023): 55–68.

Hartono, Ferry, Sukawiti Sukawiti, and Herianus Nuryadi. “Idealized Abstraction of the Concept of Human in Dayak Kanayatn’s Byword and Its Importance in Dissolving Ethnic Conflicts in West Borneo.†In Proceedings of the 1st International Conference on Life, Innovation, Change and Knowledge (ICLICK 2018), 203:62–68. Paris, France: Atlantis Press, 2019.

Katarina, K, and Ruat Diana. “Semboyan Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata Sebagai Akses Relasi Sosial Keagamaan.†Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi 1, no. 1 (June 2020): 23–36.

Kiki, Emiliana. “Makna Tradisi Naik Dango Bagi Masyarakat Suku Dayak Kanayatn Di Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat.†Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.

Lasut, Shirley, Johny Hardori, Sadrakh Sugiono, Yada Putra Gratia, and Channel Eldad. “Membingkai Kemajemukan Melalui Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 2 (2021): 206–225.

Puji Lestari, Sunarto, and Hadi Cahyono. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Sila Kelima Dalam Pembelajaran.†Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 7, no. 2 (2020): 130–144.

Rika Mawar Hastuti. “Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Moral Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.†Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

Saarni, Etis, Sulha, and Rohani. “Nilai Kearifan Lokal dalam Upacara Adat Naik Dango Sebagai Civic Culture Pada Masyarakat Dayak Kanayatn Etis.†Character and Civic: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Karakter ISSN 1, no. 2 (2021): 41–51.

Soni, Clara Pratiwi. “Kearifan Lokal Masyarakat Adat Dayak Kanayatn Dalam Pengelolaan Hutan Adat (Marang) Di Kampung Sidas Daya Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak Kalimantan Barat.†Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Sriyana, Sriyana, Anita Pratiwi, and Silvia Arianti. “Keserasian Sosial Masyarakat Majemuk Di Kelurahan Beriwit Kecamatan Murungkabupaten Murung Raya.†Anterior Jurnal 22, no. 1 (January 2023): 73–80.

Suraji, Robertus. “Membangun Teologi Tubuh Dari Bawah Belajar Dari Pengalaman Olah Tubuh Tari Lengger.†Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya 2, no. 2 (August 2018): 127–135.

Tamara Arvianda. “Kedudukan Lembaga Adat Terhadap Perjanjian Perdamaian Dalam Masyarakat Adat Dayak Kanayatn Kalimantan Barat (Studi Kasus Di Lembaga Adat Dayak Kanayatn Kabupaten Landak).†Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, 2019.

Tara, Titus. “Memahami Model-Model Teologi Kontekstual Stephen B. Bevans Dalam Konteks Budaya Ende-Lio Sebagai Bagian Dari Kejujuran Berteologi.†Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kateketik 2, no. 1 (June 2017): 48.

Viva Budi Kusnandar. “Mayoritas Penduduk Kalimantan Barat Beragama Islam Pada 2021.†Katadata Media Network, March 2022.

Zakalius, Antonius Totok Priyadi, and Sesilia Seli. “Pandangan dan Sikap Hidup Suku Dayak Bakati Yang Tercermin Dalam Cerita Rakyat Dayak Bakati.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 2, no. 7 (2013): 1–11.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v6i2.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.

pISSN: 2621-8151

eISSN: 2621-8135

Copyright © 2018-2024. All Rights Reserved.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Diterbitkan Oleh: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu

Alamat: Kalisoro RT 001/RW 004, Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah 57792

 

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika Telah Terindeks di: