Makna Belajar Dalam Perjanjian Lama dan Implementasinya Bagi PAK Masa Kini
Abstract
Sejak lahir manusia mengalami proses tumbuh kembang fisik, jiwa, dan akal pikiran yang disertai dengan kegiatan belajar. Kegiatan belajar juga terjadi dalam pendidikan agama Kristen, di mana yang menjadi objek belajar adalah Firman Tuhan. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti menerapkan pendekatan eksposisi kata belajar yang terdapat di Perjanjian Lama, sehingga mendapatkan makna kata belajar.
Kata belajar dalam Perjanjian Lama ditulis dalam dua kata yaitu; pertama, kata לָמַד lamad yang bermakna belajar merupakan proses mendalami, memahami sampai mampu melakukan atau menerapkannya dalam kehidupan. Kedua, kata לַהַג  laºhag yang bermakna belajar adalah proses mendapatkan pengetahuan saja, sehingga dalam pendidikan agama Kristen, proses belajar yang dilakukan peserta didik jangan hanya sampai pada mendapatkan pengetahuan saja (firman Tuhan), melainkan harus sampai kepada menerapkan atau melakukannya (firman Tuhan) dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
LAI, Alkitab.
Djamarah, S.B., “Psikologi Belajarâ€, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2000.
E. Hill, Andrew dan John H. Walton., “Survey Perjanjian Lama†Malang: Penerbit Gandum Mas. 2008.
Guthhrie, Donald. “Tafsiran Alkitab Masa Kini 1â€. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF. 1992.
-------. “Tafsiran Alkitab Masa Kini 2â€. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1991.
GP., Harianto, “Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kiniâ€, Yogyakarta: Andi Offset, 2016.
Hill, Andrew E. dan John H. Walton, “Survey Perjanjian Lamaâ€, Malang: Penerbit Gandum Mas, 2008.
Mahmud, H., “Psikologi Pendidikanâ€, Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.
M. Thobroni., “Belajar dan Pembelajaran (teori dan praktik)â€, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2016.
Reber, Arthur S., The Penguin Dictionary of Psychology: edisi 2010 terjemahan, (New York : Penguin Book, 2001.
Subagyo, Andreas B., “Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatifâ€. Bandung: Yayasan Kalam Hidup. 2004.
Simajuntak, Junihot M., “Belajar Sebagai Identitas Dan Tugas Gerejaâ€, Jurnal Jaffray, Vol. 16, No. 1, 2018.
Slameto, “Belajar dan Fakto-Faktor Yang Mempengaruhinyaâ€, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995.
Sukmadinata, Nana Syaodih., “Metode Penelitian Pendidikanâ€, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Aplikasi SABDA (OLB versi Indonesia) Versi 4.11.02 Copyright (c) 1992-2011
PC Study Bible Version 5 for Windows, Cpyright 1988-2007, Biblesoft, inc
BibleWorks versi 8 copyright (c) 2009 for Windows
https://id.oxforddictionaries.com/terjemahkan/inggris-indonesia/learn
http://www.kompasiana.com/audiaaa/studying-is-bored-learning-is fun_55c3175bac92737814471a0a
Yusra Firdaus, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tahapan-perkembangan-otak-manusia/.
http://kbbi.web.id
DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.75
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
pISSN: 2621-8151
eISSN: 2621-8135
Copyright © 2018-2024. All Rights Reserved.
Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika
Diterbitkan Oleh: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Alamat: Kalisoro RT 001/RW 004, Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah 57792
Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika Telah Terindeks di: