Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9Keywords:
Peranan, Guru, KarakterAbstract
Kondisi yang tidak dapat dibendung saat ini, di mana perkembangan terus terjadi tanpa memperhatikan etika, moral dan karakter manusia, maka sangatlah diperlukan peran dari berbagai pihak termasuk dan teristimewa guru Pendidikan Agama Kristen dalam mengontrol siswa yang terbawa arus oleh perkembangan tersebut. Tentu hal ini, diperlukan peran guru yang sangat serius untuk membentuk karakter siswa yang baik dan terpuji. Kita sadar bahwa saat ini sebagian besar siswa kita mengalami masalah krisis karakter, di mana mereka tidak terkontrol oleh pengaruh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Namun, besar harapan kita bahwa dengan peranan guru Pendidikan Agama Kristen maka kekuatiran itu akan terjawab. Oleh karena itu, Guru Pendidikan Agama Kristen diharapkan agar melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh sesuai dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran yakni membentuk dan menciptakan generasi yang berakhlak mulia, bertanggungjawab dan memiliki karakter Kristus.
References
Brownlee, Malcolm, Pengambilan Keputusan Etis dan Faktor-faktor Di Dalamnya, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
Budiyana, Hardi, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen, Surakarta: STT Berita Hidup, 2011.
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Renika Cipta, 2005.
Lickona, Thomas, Pendidikan Karakter, Bantul: Kreasi Wacana, 2012.
Maruta, Joshua dan Sianturi, Cornelius, The Secret of Personal Power, Singapura: Training For Excellence, 2008.
Nainggolan, John M., Guru Agama Kristen, Bandung: Jurnal Info Media, 2006.
Robianto, Robert, “Pendidikan Budi Pekerti Mengikis Korupsi,†BAHANA, Mei 2009 Vol. 217.
S. H. Widyapranawa, Pendidikan Kepribadian Diri Sendiri, Yogyakarta: Taman Pustaka, 2003.
Sabdono, Erastus, Hidupku BagiMu, Jakarta: Rehobot Literature, 2014.
Saragih, A. Hasan, “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajarâ€, Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol. 5 No. 1, Juni 2008.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Sidjabat, B. S., Mengajar Secara Profesional, Bandung: Kalam Hidup, 2010.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.
Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Telaumbanua, Arozatulo, Saya Pasti Bisa Seperti Rajawali, Sukoharjo: Born Win’s Publishing, 2015.
Telaumbanua, Arozatulo, Seminar: Krisis Masa Muda dan Pembentukan Karakter, Yogyakarta, Selasa 28 Juni 2011.
Thiessen, Henry C., Teologi Sistematika, Malang: Gandum Mas, 2000.
Wahyuni, Naning Dwi dan Rejeki, Sri, “Pola Pendidikan Karakter Usia Dini Di TK Pertiwi XVI Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul T.P. 2013/2014â€, Rabu, 13/8/2014.
Wright, H. Norman, Menjadi Orang Yang Bijaksana, Yogyakarta: Andi Offset, 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).