Peran Guru Kristen Sebagai Motivator dalam Pembelajaran Daring

Christin Marni Tuti Alhans, Wiyun Philipus Tangkin

Abstract


Pembelajaran daring di masa pandemi ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian serta memotivasi belajar siswa. Akan tetapi, diperoleh fakta bahwa pembelajaran daring memberikan dampak penurunan motivasi yang signifikan terhadap pendidikan. Siswa merasa bosan, jenuh, dan juga stres saat mengikuti pembelajaran daring. Kondisi belajar siswa yang demikian membutuhkan peran seorang guru sebagai motivator. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengkaji peran guru sebagai motivator peserta didik khususnya dalam pembelajaran daring dengan menggunakan metode kajian literatur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kajian literatur. Metode kajian literatur merupakan metode yang mengangkat isu yang terjadi, kemudian dikaji berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan peran guru sebagai motivator tidak sekedar meningkatkan motivasi belajar siswa, tetapi juga memberikan apresiasi serta pembelajaran yang faktual dan kreatif kepada siswa sesuai konteks pembelajaran daring. Sehingga peran guru sebagai motivator sangat penting bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Diperoleh kesimpulan bahwa menjalankan peran sebagai seorang motivator, maka guru perlu merefleksikan diri sebagai makhluk estetika yang memiliki daya kreativitas. Oleh karena itu, guru dapat menciptakan berbagai strategi pembelajaran yang kreatif bagi siswa, sekaligus bertanggung jawab atas kreativitas yang dimiliki.

Keywords


Motivasi Belajar Siswa; Motivator; Pembelajaran daring; Peran Guru Kristen.

Full Text:

PDF

References


Al Adawiyah, ah, and Shanggita Dewi. “Pengaruh Sikap Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Di Mi Bustanul Ulum Jember.†Jurnal Pendidikan Guru MI (2020).

Arifa, F. N. “Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19†(2020).

Astawa, I. B., and I. A. Adnyana. Belajar Dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2018.

Ayu Nurmala, Desy, Lulup Endah Tripalupi, and Naswan Suharsono. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Tahun. Vol. 4, 2014.

Bavinck, H. Reformed Dogmatics. Grand Rapids: Baker Publishing Group, 2011.

Bavink, Herman. Reformed Dogmatics. United States America: Baker Academic, 2011.

Buulolo, Sister, Nelci Kual, Rolan Marthin Sina, and Hendro Hariyanto Siburian. “Pembelajaran Daring: Tantangan Pembentukan Karakter Dan Spiritual Peserta Didik.†PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 129–143.

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, and Sari Puteri Deta Larasati. “Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.†IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (July 2020): 123–140.

Calvin, Y. Institutio Pengajaran Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.

Emda. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5, 2017.

Febriandari, Efi Ika, Uluul Khakiim, and Nur Aida Endah Pratama. “Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar†(2018).

Graham, D. L. Teaching Redemptively: Bringing Grace And Truth Into Your Classroom. Colorado Springs: Purposeful Design Publications, 2009.

Gusty, Sri, Nurmiati, Muliana, Oris Krianto Sulaiman, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Melda Agnes Manuhutu, Andriasan Sudarso, et al. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Haryadi, Rudi, and Idah Rosiana. “Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Dan Kualitas Belajar Siswa.†Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha 11, no. 2 (2020): 136–141.

Hasan, S. Profesi Dan Profesionalisme Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia., 2018.

Hidayah, Nurul. “Tantangan Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19.†Jurnal Pencerahan 14, no. 2 (2020): 133–151.

Hodge, Charles. Systmatic Theology - Volume I. Vol. I. Grand Rapids, MI: Christian Classics Ethereal Library, 2005.

Hoekema, A. A. Diselamatkan Oleh Anugerah. Surabaya: Momentum, 2018.

Humaidi, Humaidi, and Moh. Sain. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran.†Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 02 (December 2020): 146–160.

Indrawan, I., and dkk. Guru Sebagai Agen Perubahan. Klaten: Lakeisha, 2021.

Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.†Jurnal Pendidikan Agama Kristen: Regula Fidei (2016).

Izzan, A. Membangun Guru Berkarakter. Bandung: Membangun guru berkarakter, 2012.

K., R. Gilang. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Era Covid-19, 2020.

Knight, G. R. Filsafat & Pendidikan: Sebuah Pendahuluan Dari Perspektif Kristen, 2009.

Kristiawan, M., D., Safitri, and R. Lestari. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Lase, R K, and W P Tangkin. “Peran Guru Kristen Sebagai Fasilitator Dalam Upaya Pembentukan Keaktifan Belajar Siswa.†KHARISMATA: Jurnal Teologi … 5, no. 1 (2022): 39–51.

Lutfi, A. M., & dkk. Media Daring (Online) Solusi Pembelajaran Jarak Jauh. Pare-pare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2020.

Maemunawati, Siti, and Muhammad Alif. Peran Guru, Orang Tua, Metode Dan Media Pembelajaran: Strategi KBM Di Masa Pandemi Covid-19. Pertama. Banten: 3M Media Karya, 2020.

Manizar, Elly. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar, 2015.

Melati, Reni Sofia, Sekar Dwi Ardianti, and Much Arsyad Fardani. “Analisis Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pembelajaran Daring.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 3062–3071.

Melfianora. “Penuliasan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur†(2021).

Noor, M. Guru Profesional Dan Berkualitas. Semarang: Alprin, 2019.

Octavia, S. A. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Oktiani, Ifni. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.†Jurnal Kependidikan 5, no. 2 (November 2017): 216–232.

Pratama, Aldo Putra. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD.†Pendidikan Guru Sekolah Dasar 14, no. 1 (2021): 1–13.

Pratt, R. L. Dirancang Bagi Kemuliaan : Apa Yang Telah Allah Mungkinkan Untuk Terjadi Pada Diri Kita. Surabaya: Momentum., 2017.

Rahman, Monalisa. Peranan Serta Tantangan Profesional Guru Sebagai Sebuah Profesi. Vol. 1. ProfesiKeguruan 1, 2021.

Riswadi. Kompetensi Profesional Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Riyanti, Benedicta Prihatin Dwi. Kreativitas Dan Inovasi Di Tempat Kerja. Jakarta: Benedicta Prihatin Dwi Riyanti, Kreativitas Dan Inovasi Di Tempat Kerja (Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2016.

Singkoh, Gracia F, Roos M S Tuerah, and Jeane Mangangantung. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Di SD Katolik St. Antonius Kali.†Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2021).

Suci, I. S., Irjus Indrawan, Hadion Wijoyo, and Ferry Kurniawan. Transformasi Digital Dan Gaya Belajar. Banyumas: Pena Persada, 2020.

Sugiasih, P. “Pengaruh Peran Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Se-Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2014/2015.†. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (2015).

Suprihatin, Siti. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (2015).

Surianto. Sinegritas Motivasi, Kompetensi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sebuah Instansi. Surabaya: Global Aksara Pres, 2021.

Syafari, Yusneli, and Maria Montessori. “Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19.†Jurnal Basicedu 5, no. 3 (April 2021): 1294–1303.

Syamsuddin. “Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid 19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Inpres 1 Tatura Kota Palu†4, no. 1 (2021): 45–50.

Syarifudin, Akbar. “Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19†2507, no. February (2020): 1–9.

Tasaik, Hendrik Lempe, Patma Tuasikal, Pgsd Sekolah, Tinggi Keguruan, Ilmu Pendidikan, and Kata Kunci. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi.†Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an (2018).

Telaumbanua, A. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa.†SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen (2020).

Thung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan Fondasi Filosofi Pendidikan Kristen Di Tengah Tantangan Filsafat Dunia. 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2013.

Tong, S. Hidup Kristen Yang Berbuah. Surabaya: Momentum, 2017.

Wahyono, Poncojari, H Husamah, and Anton Setia Budi. “Guru Profesional Di Masa Pandemi Covid-19 : Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring†(2020).

Wekke, Suardi. Metode Penelitian Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Gawe Buku, 2019.

Zebua, T. G. Studi Literatur Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Gunungsitoli: Spasi Media, 2020.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v6i1.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.

pISSN: 2621-8151

eISSN: 2621-8135

Copyright © 2018-2024. All Rights Reserved.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Diterbitkan Oleh: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu

Alamat: Kalisoro RT 001/RW 004, Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah 57792

 

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika Telah Terindeks di: